Rendi Can Because Of Experince...

Cara Cek BI Checking DI Hp Android

2 min read

cara cek bi checking di hp android

Saat ini cara cek BI Checking di hp android begitu di cari oleh banyak pengguna ketika sedang menganjukan kredit bank tetapi selalu ditolak berkali-kali atau sekedar ingin tahu berapa lama proses pemutihan BI Checking.

Dalam setiap pengajuan kredit ke bank baik itu untuk mengajukan KPR, KKB, KTA dan lain sebagainya ada salah satu syarat yang wajib di penuhi agar pengajuan tersebut di setujui oleh pihak Bank.

Adapun salah satu syarat wajib tersebut adalah bernama BI Checking. Secara garis besar, BI Checking ini memiliki fungsi dan perananan yang begitu penting dalam menentukan kelayakan bagi tiap calon debitur.

Dalam setiap proses pengajuan BI Checking melalui Bank atau OJK, selain membutuhkan waktu yang sangat lama, hasil akhir dari pada BI Checking itu sendiri tidak bisa di pastikan lolos semuanya karna bisa saja gagal.

Bahkan tidak sedikit nya banyak orang yang merasa kecewa karena pada saat proses pengajuan kredit yang mereka berikan ke pihak bank di tolak mentah-mentah hanya karena masalah di BI Checking ini.

Nah dibawah ini akan saya paparkan secara jelas prihal BI Checking itu sendiri serta bagaimana cara cek BI Checking di Hp android secara online, berikut pembahahasan lengkap nya.

Apa Itu BI Checking

cek bi checking via hp

Jika dijelaskan secara rinci, BI Checking adalah sebuah informasi  penting untuk para debitur individual historis yang akan mencatat lancar atau tidaknya proses pembayaran kredit pada saat jatuh tempo setiap bulannya.

SLIK atau yang sekarang disebut dengan BI Checking merupakan sebuah alat pengecekan riwayat kredit yang sebelumnya dikelola oleh Sistem Informasi Debitur (SID) oleh Bank Indonesia dan dilakukan oleh debitur.

Baca Juga: Cara Transfer Pulsa Indosat Ke Telkomsel

Dikutip dari halaman resmi OJK melalui tirto.id, bahwa ada beberapa riwayat kredit yang akan diukur berdasarkan aktivitas kredit setiap para debitur dari skala satu hingga lima yaitu seperti berikut:

  • Kol 1 atau Kredit Lancar : Yaitu Kredit di mana para debitur mampu menyelesaikan segala kewajibannya pembayaran tanpa ada nya tunggakan sedikit pun.
  • Kol 2 atau Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK)  : Yaitu kredit dengan tunggakan kurang lebih selama 1-2 bulan karena terlambat saat melakukan pembayaran.
  • Kol 3 atau Kredit Tidak Lancar : Yaitu kredit dengan tunggakan selama 3-4 bulan.
  • Kol 4 atau Kredit yang telah jatuh tempo dengan tunggakan 5-6 bulan lebih.
  • Kol 5 atau Kredit Macet  yaitu dengan tunggakan lebih dari 6 bulan dan sudah di coba aktifkan akan tetapi tidak membuahkan hasil.

Itulah sekiranya skor BI Ckecking agar pengajuan ke Bank anda dapat dengan mudah diterima. Jadi sebelum anda mengajukan kredit ke bank pastikan dahulu melihat track record anda bagus tanpa mengalami cacat.

Cara Kerja BI Checking

cara cek bi checking

Dikutip dari website resmi www.bi.go.id, BI Checking atau juga IDI Historis akan menyimpan seluruh informasi tentang para debitur, penguruagunan, pemilik, fasilitas penyediaan dana, penjamin dan kolektibilitasnya.

Bahkan setiap data yang telah tersimpan di dalam situs remsi BI kini sudah bisa di akses oleh lembaga keuangan baik dari pihak bank ataupun non bank asalkan setiap yang terdaftar tersebut sudah sah menjadi member.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir Shopee

Adanya SID atau Sistem Informasi Debitur ini tentu saja akan memberikan banyak keuntungan bagi setiap anggota biro Informasi Kredit karena mereka dapat melihat seluruh data-data penting dari para debitur.

Setiap data yang di miliki oleh para debitur akan tersimpan di SID untuk di olah agar apabila ada pengajuan BI Checkin oleh pengguna, maka hasil olahan SID tersebutlah yang akan di berikan pada Biro Informasi Kredit.

lalu bagaimana cara cek bi checking di hp android secara online? Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak langkah-langkahnya berikut ini:

Cara Cek BI Checking DI Hp Android Online

Sebenernya cara cek bi checking di hp android bisa dilakukan dengan mudah, bahkan saat ini bisa dilakukan secara online jadi tanpa perlu mendatangi pihak OJK atau bank nya langsung.

Sebenarnya cara cek BI Checking via HP Android atau iOS belum ada kejelasan dari pihak OJK. Alternatifnya anda harus mengunjungi website OJK langsung untuk mengajukan permohonan iDEB online. Berikut caranya:

  1. Pertama, silahkan anda nyalakan ponsel Android anda
  2. Lanjut dengan membuka aplikasi Web Browser
  3. Lalu kunjungi halaman OJK atau langsung melalui link Disini
  4. Kemudian akan muncul halaman Registrasi silahkan anda isi semuanya secara detail
  5. Jangan lupa juga pilih antrian
  6. Setelah selesai klik Lanjutkan
  7. Terakhir silahkan anda ikuti langkah-langkah yang diberikan
  8. Selesai

Baca Juga: Cara Membuat Foto Menjadi HD

Penutup

Nah itu lah tadi pembahasan mengenai cara cek bi checking di hp android secara online, bagaimana sangat mudah bukan? Dengam begitu adan tidak perlu bingung lagi setiap akan mengajukan kredit di sebuah bank.

Demikian pembahasan kali ini semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial agar pengguna lain nya yang akan melakuakan cara cek bi checking via hp android dapat mengetahui juga.

Rendi Can Because Of Experince...